Tes atau ujian, terutama ujian penentu kenaikan, kelulusan (UAN/UNAS), ataupun ujian penerimaan siswa maupun pegawai seringkali menjadi hal yang menakutkan bagi para pesertanya, membuat tegang, gugup, stress, dan kondisi-kondisi tidak nyaman lainnya. Selain persiapan yang utama yaitu penguasaan materi pelajaran (bahan ujian), ada beberapa tips yang bisa dilakukan yang insyaAllah akan membantu anda meraih kesuksesan menempuh ujian.

 

Langkah-langkah Sebelum Ujian :

1.     Hindari tidur hingga larut malam.

Jangan memforsir diri pada malam hari sebelum ujian berlangsung, karena waktu yang sangat pendek tidak akan bisa memaksa masuknya memori atas apa yang mesti anda fahami dalam jangka waktu yang panjang. Pemaksaan diri seperti ini justru menimbulkan kepanikan dan sangat mungkin membuat anda ‘blank’ pada saat ujian berjalan.

 

2.     Jangan lupa menjaga kesehatan.

Jangan sampai anda sakit saat mengikuti ujian. Bila itu terjadi, semua yang sudah anda lakukan bisa buyar. Kalaupun bisa mengikuti ujian, anda akan tetap sulit konsentrasi penuh dalam kondisi tubuh yang kurang nyaman. Hasilnya tidak akan memuaskan. Anda tahu khan bagaiman menjaga kesehatan ?? jangan biarkam perut kosong dan jangan sampai kurang tidur.

 

3.     Siapkan peralatan yang dibutuhkan untuk ujian dengan baik.

Setiap ujian membutuhkan peralatan yang berdeda, misalkan ujian gambar berbeda dengan ujian tertulis biasa. Peralatan ujian yang bisa disiapkan adalah pensil, bulfoin, kalkulator, kamus, penghapus, tip ex, dan penggaris.

 

4.     Usahakan datang lebih awal sebelum ujian dilaksanakan.

Dengan datang lebih awal (minimal 15 menit sebelum ujian dilaksanakan) anda akan punya waktu untuk mempersiapkan mental dan fisik anda yang akhirnya akan membantu anda untuk lebih konsentrasi selama megerjakan ujian.

 

5.     Hindari stress/gugup, bersikaplah tenang dan berdo’a.

Stress dalam menghadapi ujian dapat menyebabkan sakit perut, pusing, dan badan berkeringat. Hal ini dapat mengganggu konsentrasi ujian. Setelah semua sudah dilakukan, jangan lupa untuk berdo’a kepada Allah SWT atas upaya yang telah anda lakukan.

 

TEKNIK PADA SAAT UJIAN

1.     Awali dengan do’a.

Sebelum mengerjakan soal ujian, biasakanlah untuk berdo’a. Dengan berdo’a anda akan menjadi tenang, santai dan tidak tegang, lebih percaya diri, serta siap mengerjakan setiap soal ujian. Kondisi tegang pada saat ujian akan merusak konsentrasi anda.

 

2.     Bacalah petunjuk/perintah pengerjaan soal ujian dengan baik.

Sebelum mulai mengerjakan soal ujian, bacalah petunjuk pengerjaan soal ujian yang terdapat dalam naskah ujian dengan baik dan tidak terburu-buru. Pada beberapa ujian, petunjuk pengerjaan soal ujian disampaikan oleh pengawas. Dengarkanlah pengawas dengan baik dan seksama, sebab seringkali petunjuk untuk menjawab soal ujian yang satu berbeda dengan soal ujian yang lain.

 

3.     Kerjakan dahulu soal ujian yang anda anggap mudah.

Dengan mengerjakan terlebih dahulu soal yang anda anggap mudah/bisa dengan cepat dikerjakan, maka anda akan menghemat waktu dalam menjawab soal ujian.

 

4.     Bacalah soal ujian dengan teliti, pahami maksudnya, baru kemudian anda menjawab.

Jangan pernah mengerjakan soal ujian dengan cara terburu-buru, karena akan menyebabkan jawaban anda tidak maksimal. Bacalah soal ujian dengan teliti kemudian pahami maksud soal tersebut, setelah itu baru anda jawab.

 

5.     Kerjakan sendiri sesuai dengan kemampuan anda.

Jangan pernah menyontek jawaban teman anda, karena mungkin jawaban teman anda salah. Oleh karena itu kerjakan soal ujian sesuai dengan kemampuan anda sendiri. Yakinlah bahwa anda lebih siap dari teman anda.

 

6.     Ikuti teknik menjawab soal pilihan ganda.

Langsung abaikan pilihan jawaban yang anda tahu salah. Jika hukuman pengurangan nilai digunakan (ada nilai minus), jangan menebak suatu pilihan ketika anda tidak tahu secara pasti. Tetapi jika tidak ada nilai minus, pilihlah salah satu jawaban yang menurut anda benar walaupun tidak tahu secara pasti. Pilihan anda yang pertama biasanya benar, jangan menggantinya kecuali anda yakin akan koreksi yang dilakukan.

 

7.     Ikuti teknik menjawab soal esai.

Pikirkan dahulu sebelum anda menulis. Buatlah kerangka jawaban secara singkat untuk esai dengan mencatat dulu beberapa ide yang ingin anda tulis. Kemudian beri nomor ide-ide tersebut untuk mengurutkan mana yang hendak dituliskan terlebih dahulu. Usahakan untuk menuliskan secara langsung  melenceng kemana-mana. Usahakan dijawab sekalipun tidak tahu secara pasti, penilai akan memberi nilai penghargaan atas jawaban/usaha anda.

 

8.     Periksa kembali seluruh jawaban anda.

Bila semua soal ujian telah selesai anda kerjakan, jangan terburu-buru keluar ruangan. Pergunakan siksa waktu yang ada untuk memeriksa dan membaca kembali jawaban anda sehingga bila ada kekurangan dapat segera diperbaiki.

 

9.     Akhiri dengan do’a.

Sebagaimana anda berdo’a untuk memulai mengerjakan soal ujian, berdoalah juga setelah selesai mengerjakan soal ujian. Semoga apa yang anda kerjakan benar dan mendapat nilai yang baik.

Selamat Menempuh Ujian………………….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s