Mari kita mencari tahu binatang-binatang, baik serangga, burung dan lain-lain yang bisa meramalkan perubahan cuaca disekitar kita.

 

#KATAK#

Binatang amfibi yang satu ini dikatakan akan berkoak lebih nyaring dan keras dari biasanya apabila cuaca buruk segera tiba. Jadi ketika anda mendengar suaranya bertambah nyaring, anda bisa memperkirakan bahwa akan ada badai di daerah anda.

 

@BURUNG@

Tergantung dari seberapa rendah mereka terbang, kita akan dapat mengukur seberapa buruk cuaca yang akan datangmenyambut sebentar lagi. Dikatakan bahwa jika mereka sedang terbang tinggi, cuacanya adalah cerah. Tetapi jika mereka sedang terbang dekat di atas tanah, berarti tekanan udara yang disebabkan oleh badai sedang membuat mereka terasa sakit jika berada di ketinggian.

 

*SAPI*

Bahkan para petani juga mengakui bahwa binatang-binatang ini dapat meramalkan cuaca. Menurut sebuah kisah legenda, ketika para sapi merasakan akan terjadi cuaca yang buruk, anda akan melihat mereka beraktifitas terus, gelisah dan menggoyang-goyangkan ekor mereka untuk mengusir lalat, atau duduk di padang rumput untuk bisa menyelamatkan sebuah tempat yang kering apabila nanti cuaca benar-benar menjadi buruk.

 

^LEBAH dan KUPU-KUPU^

Ketika lebah-lebah dan kupu-kupu sedang tidak terlihat di sekitar bunga, anda dapat memperkirakan akan terjadi angin kencang sebentar lagi. Sebuah cerita rakyat mengatakan, apabila mereka sedang tidak berada pada tempat yang seharusnya, maka sesuatu akan terjadi.

 

“DOMBA”

“Ketika domba-domba sedang berkumpul dalam sebuah kerumunan, besok pasti akan ada genangan air”. Meskipun sajak ini terdengar sangat lucu, cuaca yang akan datang tidak selalu seperti yang dikatakan sajak ini. Tetapi anda dapat memperkirakan akan ada angin badai jika binatang ini berkumpul bersama dan saling melindungi satu sama lain.

 

‘KEPIK’

Salah satu serangga yang sangat cantik ini jika berada di sekitar kita juga bisa memberikan kita sebuah petunjuk tentang panasnya hari itu.  Ketika mereka berkerumun, menandakan hari itu panas. Dan sebaliknya, jika mereka sedang mencari tempat untuk berlindung, maka cuaca dingin akan segera datang.

 

:SEMUT:

Untuk mempersiapi diri menghadapi datangnya cuaca buruk, semut merah dan hitam diketahui akan membangun sarang mereka dengan perlindungan tambahan dan bahkan sampai dapat melindungi lubang sarang mereka juga. Jadi jika anda melihat adanya sarang semut yang lebih tinggi dari biasanya di taman anda, sebaiknya anda mulai menutup pentu jendela rumah anda.

 

>MARMUT TANAH<

Di Amerika, kisah legenda paling terkenal dari seekor hewan yang bisa meramalkan cuaca adalah kisah tentang marmut tanah, dan marmut yang paling terkenak adalah Phil yang berasal dari Punxsutawney, Pennsylvania. Jika Phil terlihat, itu berarti musim dingin akan berlangsung selama enam menggu lagi, tetapi jika tidak, maka kita akan segera menyambut datangnya musim semi.

 

Selain itu, dari hasil pengamatan, ada beberapa perilaku khas beberapa hewan yang bisa mengindikasikan kalau hujan akan turun, antara lain :

 > 1. Kalau unggas merentangkan sayapnya

 > 2. Kalau burung-burung bangau tampak di utara pada musim semi, maka keesokan harinya hujan turun. (Jerman, Italia, negara-negara Arab)

 > 3. Kalau itik-itik mengibas dulu sebelum terbang. (Inggris, Iran)

 > 4. Kalau ayam betina berdiri dengan sebelah kaki sambil kepalanya disembunyikan di bawah sayap. (Iran)

 > 5. Kalau seekor gagak mandi, hujan akan turun sebelum matahari terbenam. (Negara-negara berbahasa Spanyol)

 > 6. Kalau burung layang-layang terbang tinggi, cuaca akan baik tapi kalau mereka terbang rendah, hujan akan segera turun. (Spanyol, Perancis)

 > 7. Kalau seekor angsa di halaman tempat binatang, berjalan dari selatan ke utara. (Iran)

 > 8. Kalau semut-semut mengumpulkan telur mereka dan mulai memanjat tumpukan tanah tempat mereka tinggal. (India, Jepang)

 > 9. Kalau laba-laba turun ke bagian bawah sarangnya. (Perancis, Spanyol)

 > 10. Kalau tampak gerombolan-gerombolan nyamuk terbang seperti   awan. (RRC)

 > 11. Kalau ular-ular rumput berdesis. (Spanyol, Perancis)

 > 12. Kalau seekor kuda menelentang untuk menggaruk-garukkan penggungnya ke tanah. (Norwegia, Swiss)


Jika hewan-hewan tertentu sekonyong-konyong berlaku aneh, artinya akan segera terjadi gempa bumi atau bencana lain, contohnya :

 > 1. Kalau tikus tanah memperdalam lubang-lubang mereka di tepi sungai, artinya akan datang banjir. (Angola)

 > 2. Kalau ikan-ikan berkumpul di tengah kolam, artinya akan ada gempa bumi. (Jepang)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s