Panggilan pertama adalah Azan.

Itu adalah panggilan Allah yang pertama. Panggilan ini sangat jelas terdengar di telinga kita, sangat kuat terdengar. Ketika kita sholat, sesungguhnya kita menjawab panggilan Allah. Tetapi Allah masih fleksibel, Dia tidak cepat marah, akan sikap kita. Kadang kita terlambat, bahkan tidak sholat sama sekali karena malas. Allah tidak marah seketika. Dia masih memberikan rahmat-Nya, masih memberikan kebahagiaan pada umat-Nya, baik umat-Nya itu menjawab Azan-Nya atau tidak. Allah akan membalas umat-Nya ketika hari kiamat nanti.


Panggilan yang kedua adalah Panggilan Umrah/Haji.

Panggilan ini bersifat halus. Allah SWT memanggil umat-umat-Nya dengan panggilan yang halus dan sifatnya “bergiliran”. Hamba yang satu mendapatkanjalannya pun bermacam-macam. Yang tidak punya uang menjadi punya uang, yang tidak merencanakan tetapi akan pergi, adan yang memang merencanakan dan terkabul. Ketika kita mengambil niat Haji/Umrah, berpakaina Ihram dan melafazkan ‘Labaik Allahum Labaik’, sungguhnya kita saat itu menjawab panggilan Allah yang ke dua. Saat itu kita merasa bahagia, karena panggilan Allah sudah kita jawab, meskipun panggila itu halus sekali.

 

Panggilan ketiga adalah Kematian, panggilan yang kita jawab dengan amal kita.

Pada kebanyakan kasus, Allah tidak memberikan tanda-tanda secara langsung, dan kita tidak mampu menjawabnya dengan lisan maupun gerakan. Kita hanya bisa menjawabnya dengan amal sholeh, karena itu mari manfaatkan waktu kita sebaik-baiknya untuk mejawab panggilan Allah dengan hati dan sikap yang Husnul Khotimah………….Ammiiiiin…………..

Semoga tulisan ini bisa menjadi renungan bersama  🙂

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s