1. Wujud kebudayaan Hindu yang masih dipertahankan sampai sekarang :

1.pemerintahan

Sistem pemerintahan yang masih ada sampai sekarang adalah Monarki Absolut (dalam bentuk kerajaan). Sebelum masuknya Hindu di Indonesia dikenal sistem pemerintahan oleh kepala suku, raja yang paling pertama diangkat adalah kepala suku. Cth: kerajaan kutai, Kudungga-Mulawarman-Aswawarman. Dalam konsep raja adalah titisan dewa, dalam titisan dewa raja selalu memimpin.

2. Seni Bangunan

Seni bangunan yang dipengaruhi hindu bentuknya ramping, atapnya perpaduan tingkatan, puncaknya bebentuk kubus dan ada yang kuncup, reliefnya timbul sedikit saja, lukisannya simbolis menyerupai wayang kilit. Cth:Candi Singhasari, jago, prambanan, dan muara takus.

3. Seni ragam Hias

Hidu senang memanifestasikan makhluk2 hidup dengan ragam hias yang masih Nampak sampai sekarang misalnya:penggunaan bentuk2 bunga fatma, teratai, patung2 manusia.

4. Bahasa

Dikenalnya bahasa Sansekerta yang masih dipakai misalnya:eka, dwi, tri dll. Yang kemudian menambah perbendaraan bahasa Melayu/bahasa Indonesia. 

5. Kesenian

Kesenian hindu Adanya relief candi yang mengambil kisah Ramayana dengan suasana kehidupan di Indonesia. Tetapi setelah berkembang di Indonesia disadur kembali oleh pujangga-pujangga Indonesia, ke dalam bahasa Jawa kuno. tokoh-tokoh cerita tersebut ditambah dengan hadirnya tokoh punokawan seperti Semar, Bagong, Petruk dan Gareng.

6. Religi

Tradisi religi yang masih bertahan seprti sistem pemakaman yaitu ngaben/pembakaran mayat yang dilakukan masyarakat Bali. hari raya nyepi pada tgl16 maret  yaitu orang hindu tidak boleh bepergian dan  nyalakan api/lampu pada malam hari dll.

 

2. mengapa perkembangan kebudayaan Indonesia dikaji melalui kajian Sosial Ekonomi ?

Pada dasarnya Indonesia merupakan negara kerakyatan. Manusia adalah makhluk yang hidup berkelompok dan mempunyai organisme yang secara biologis berbeda dengan binatang. Namun otak manusia berevolusi paling jauh bila dibandingkan dengan makhluk lainnya. Kemampuan otak manusia yang berupa proses berpikir menyebabkan manusia dapat memilah-milah tindakan yang dapat menguntungkan kelangsungan hidupnya.

Dalam rangka kelangsungan hidupnya maka manusia merupakan makhluk pembentuk kebudayaan dan manusia juga sebagai pembentuk masyarakat. Karena pada hakekatnya manusia tidak dapat hidup sendiri tetapi harus berkelompok. Ini sesuai dengan  kondisi masyarakat Indonesia sampai sekarang.


3. Mengapa Sriwijaya yang besar itu gagal mempertahankan wilayahnya ?

a.  pada tahun 1023 n 1030 Raja Rajendracoladewa dr  Chola melakukan dua kali penyerangan ke Kerajaan Sriwijaya dan berhsil menawan raja Sriwijaya.

b. Persaingan perdagangan yang semakin kuat dengan raja2 Thailand, Kambodja dan Jawa.

c. Pengaruh Meluasnya kekuasaan kaisar khubilai Khan hingga ke asia tenggara juga mengancam sriwijaya.

d. Kondisi sriwijaya diperpuruk oleh Ekspedisi Pamalayu yang dilancarkan raja Kertanegara dari singosari dalam rangka membendung serangan Khubilai Khan dari cina. Kertanegara menyerang daerah2 yang dianggap menjadi tempat persinggahan armada khubilai Khan, termasuk Sriwijaya yang bersahabat dengan Cina.

e. Berita Cina You Kua menyebut pada abad 12 daerah2 wilayah Sriwijaya banyakmelarikan diri seperti Sunda, aceh, Jambi, Kampar, Lawuri, semenanjung Timur(asia Timur)

f. Angkatan Laut Sriwijaya mengalami demolarisasi. para bajak laut (nomad laut) yang selama ini “bekerja sama” dengan penguasa Sriwijaya berbalik arah menyerang sampai masuk ke wilayah inti kekuasan kerajan Sriwijaya.

g.faktor alam, yakni terjadinya sedimentasi (pengedapan lumpur pada garis pantai) di muara sungai Musi dan pantai timur Sumatra menyebabkan makin jauhnya ibukota kerajaan Sriwijaya sebagai pusat kekuasaan. Sehingga kontrol penguasa Sriwijaya terhadap pusat-pusat aktivitas perdagangan di daerah pelabuhan-pelabuhan semakin melemah.

h. Saudagar Islam mulai masuk Indonesia(peraiaran Jawa), saudagar Islam menjadikan Islam dengan homogenitat(hub.kuat diantara Islam)


4. factor pindahnya Matarm Hindu JATENG ke JATIM

1. FAKTOR BENCANA ALAM (Dr. Bukhori) Karena meletusnya g. merapi dan tanah longsor mengubur k mataram sehingga istana tidak bisa bertuah, maka harus cepat dipindah.Alasan bencana alam terbukti ditemukan candi samba sari dan istana yg tertu2p lava g merapi.(candi ditemukan th 68sm saat digali ditemukan istana)

2. FAKTOR SOSIAL (Semi Vilt) Berpindahnya dikarenakan pada abad 7-10 masy banyak disibukkan dg membuat candi sehingga pertanian jadi terbengkalai yg akibat bahay kelaparan dehingga masy jateng berbondong-bondong ke jatim u/ menghindari raja membuat candi, pendpt ini jadi lemah krn: a) klo orang ke jatim u/ menghindari pembuatan candi padahal di jatim ada candi b) tdk mungkin orang menghindari pembuatan candi krn candi sbg kebaktian agama.

3. FAKTOR EKONOMI (Burger) Sedimentasi telah terjadi sejak abad ke-10. Para penguasa Mataram Hindu melihat bahwa pelabuhannya di Bergota dari tahun ke tahun semakin dangkal dan sempit akibat akresi pantai, sehingga pelabuhan laut mataram tertu2p lumpur sendimentasi. Krn pekabuhan td bs terpkai maka perekonomian akan hancur.

4. FAKTOR POLITIK(Casparis n NJ krom) Prasati kota kapur dr Sriwijaya”klo ada ker jawa yg mnolak hegemoni akan dihancurkan” sehingga mataram pindah k Jatim u/ mnghindari srangan Sriwjaya.


5. kesinambungan antara Majapahit dan Singhasari. 

Hubungan politikPd masa raja singasari kertanegara berusaha memperluas kerajaan singasari hingga keluar p.jawa yg terkenal dg istilah cakrawala mandala. Akan tetapi keinginan tsb belum terlaksana krn kertanegara terbunuh oleh raja Kediri jayakatwang. Cakrawala mandala bisa terealisasikn pd zaman majaphit. Pd masa raden wijaya n hayam wuruk majapahit masih keturunan singasari yaitu melalui raden wijaya. Raden wijaya berhasil merebut kekuasaan di jawa dr jayakatwang n masa hayam wuruk, sumpah gajah mada dapat terlaksana yaitu mempersatukan seluruh wilayah nusantara di kepulauan Indonesia.

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s