BAB I

PENDAHULUAN

 

Setelah teknologi menempuh perkembangan amat sangat pesat masa lalu hingga menyilaukan mata manusia, kini benar-benar orang mulai mempersoalkan akibat-akibat yang dibawa teknologi pada paradaban manusia sebagai keseluruhan, baik benturan teknologi terhadap nilai-nilai kemanusiaan akibat-akibat fisik maupun benturan terhadap tata lingkungan sebagai keseluruhan. Melihat kecenderungan dari perkembangan berbagai tahap yang dialaminya, jelas bahwa teknologi menjadi harapan jika dituruti suatu haluan yang terarah pada usaha meningkatkan mutu kehidupan manusia yakni usaha untuk mencukupi :

            Bahan pangan, pekerjaan bagi penduduk dunia

            Bahan mentah dan energi bagi penduduk dunia disertai usaha menekan pemborosan

            Usaha untuk memberikan tempat bermukim yang layak bagi manusia (memelihara kelestarian lingkungan)

Pada hakekatnya hal tersebut tidak lain daripada menempatkan teknologi dalam fungsi sosial yang wajar, apabila hal ini bisa dilakukan teknologi dapat memberikan harapan yang cerah. Oleh karena itu teknologi harus dapat merintis jalan ke arah pengadaan pangan, sandang dan penyediaan pemukiman manusia tanpa merusak tata lingkungan

 

TUJUAN

Penyusunan makalah ini bertujuan agar Mahasiswa mengetahui tentang sereal berprotein tinggi, bahan-bahan tang banyak mengandung protein tinggi manfaat serta dampak positif dan negatif dari protein tinggi.

 

 

 

BAB II

SEREAL BERPROTEIN TINGGI

 

Sereal protein tinggi adalah sereal yang diperkaya dengan mikro dan asam amino. Ini adalah sejumlah kecil vitamin dan mineral yang digunakan untuk menjaga tubuh. Protein merupakan komponen penting yang ditemukan di setiap sel tubuh. Kuku dan rambut terbuat dari tubuh itu dan menggunakannya untuk memperbaiki jaringan yang rusak. Makan sereal tinggi protein juga dapat membantu untuk membangun dan memperkuat otot dan menghasilkan sehat tulang rawan

 

Banyak negara berkembang sereal itu merupakan kira-kira dua pertiga dari jumlah penerimaan kalori, maka perbaikan kadar protein sereal dapat secara langsung memperbaiki mutu gizi. Protein sereal memiliki satu atau lebih asam amino yang penting untuk tubuh, Jepang misalnya tidak mempunyai asam amino lisin dan kadang-kadang tritofan, yang mana keduanya penting untuk metabolisme manusia. Karena itu penduduk yang makan jagung mudah terserang kurang gizi karena kekurangan kedua macam asam amino tersebut didalam diet mereka.

 

            Pembiakan tanaman di pusat-pusat riset seluruh dunia sedang mengembangkan berbagai jenis sereal yang lebih tinggi kadar proteinnya beserta mutunya dari jenis-jenis sereal yang biasa ditanam orang, tetapi proses ini tidak dapat berjalan cepat. Kemajuan besar yang penting terjadi dalam tahun 1963, ketika Edwin T. Mertz dan rekan-rekannya di Universitas Purdue, berhasil menemukan gene jagung yang disebut “apaque-2”. Berkat penemuan ini telah menarik perhatian besar para ahli untuk mengusahakan kadar protein sereal dengan jalan pembiakan. Pengembangan jagung berselisih tinggi itu penting sekali artinya untuk berbagai negara dimana jagung merupakan bagian terbesar dari penyediaan energi pangan. Hanya saja jagung berselisih tinggi ini mempunyai beberapa kelemahan, antara lain hasil perhektarnya lebih rendah dari jagung biasa, lebih sukar dimasak sehingga banyak konsumen yang tidak menyukainya.

 

            John Axtell dan Rameshwar Singh dari Universitas Purdue pada tahun 1973 telah mengumumkan penemuan dua jenis sorgum berlisin tinggi. Setelah memeriksa 9.000 jenis sorgum dari seluruh dunia, para peneliti menemukan dua keturunan yang tidak begitu dikenal dari Etiophia (Etiophia adalah tanah leluhur sorgum) yang mengandung protein sepertiga lebih banyak dan lisin dua kali lebih banyak daripada jenis sorgum yang biasa ditanam orang. Beras bahan makanan pokok bagi kebanyakan penduduk dunia, relatif rendah kadar proteinnya, tetapi berkat kemajuan IPA dan teknologi para ilmuwan yang bergabung dalam IRRI (International Rice Research Institut) di Philipina telah mencapai kemajuan yang lumayan dalam mebiakkan padi yang berproduksi tinggi. Padi-padi varitas IR, seperti IR.5, IR.8, IR.36 dan sebagainya adalah varitas-varitas padi hasil penelitian IRRI Philipina.

 

            Gandum lebih banyak mengandung protein dan asam amino dibandingkan dengan sereal yang telah disebut diatas, tetapi juga belum mencukupi semuanya karena kekurangan lisin. Dengan perkawinan silang diantara jenis-jenis gandum yang ada diharapkan tahun-tahun mendatang akan dihasilkan variasi gandum yang berkadar protein lebih tinggi 25 % atau lebih yang dapat diusahakan secara komersial.

 

Protein tidak seperti lemak, tubuh tidak dapat menyimpan protein. Ketika membutuhkan pasokan baru. Tubuh tidak memerlukan sejumlah besar protein. untuk berfungsi dengan baik, Rata-rata orang hanya perlu sejumlah kecil. Sehari-hari, mengkonsumsi sereal protein tinggi dapat menyediakan protein yang cukup untuk satu hari.

 

Protein bisa berasal dari banyak jenis makanan. Kacang-kacangan, sayuran, daging, keju, dan susu semua mengandung protein. Beberapa makanan ini juga dapat mengandung jumlah lemak yang tinggi. Untuk alasan ini, mungkin sebuah pilihan yang sehat untuk mengkonsumsi sereal protein tinggi lemak, bukan daging atau buku harian produk seperti keju.

 

DAMPAK POSITIF SEREAL BERPROTEIN TINGGI

1.    Makan protein sangat penting bagi kesehatan manusia karena protein merupakan salah satu kunci manusia nutrisi , bersama dengan lemak dan karbohidrat. Tubuh menggunakan protein untuk membangun sel, mengatur produksi enzim dan hormon , menjaga keseimbangan cairan antar sel, dan menciptakan energi. Makan protein dapat membantu menjaga tubuh yang kuat dan dapat mengatur fungsi metabolisme penting. Protein terdiri dari 20 esensial asam amino yang membentuk blok bangunan molekul tubuh manusia. Jaringan tubuh manusia pada umumnya dikenakan proses yang berkesinambungan dari deplesi dan pembaharuan. Tubuh biasanya menggunakan protein untuk membangun dan memperbaharui setiap jenis sel, termasuk orang-orang yang membentuk tulang, otot, organ, dan jaringan ikat. Makan protein dapat membantu tubuh manusia memproduksi enzim dan hormon penting. Hormon seperti insulin , yang mengatur darah glukosa tingkat, umumnya terdiri dari asam amino esensial yang ditemukan protein. Enzim adalah molekul protein yang memungkinkan biologi kimia reaksi terjadi. Enzim bertindak sebagai katalis untuk reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh selama proses pencernaan dan metabolisme lainnya. Makan protein membantu menjaga enzim dan hormon tingkat normal untuk mencegah dan gangguan metabolik endokrin. Protein juga membantu tubuh manusia menjaga keseimbangan yang tepat di dalam dan antar sel cairan. molekul protein darah disebut Albumin dan globulin membantu menciptakan tekanan yang biasanya mengatur aliran darah masuk dan keluar daerah kapiler, di mana tekanan darah sering rendah.

 

2.    Menambahkan sereal protein tinggi untuk diet sehari-hari adalah cara yang baik untuk mendapatkan manfaat dari protein tanpa menambah terlalu banyak lemak tinggi atau gula. Diet tinggi protein dan rendah lemak dapat membantu ketika mencoba untuk menurunkan berat badan. Menghilangkan makanan berserat seperti roti dapat mengubah metabolisme dan tubuh bisa menderita dalam banyak hal. Ketosis adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh tidak cukup makan makanan berserat, menyebabkan tubuh untuk menghasilkan jumlah yang tinggi amonia . Kurangnya serat bahkan dapat menyebabkan sembelit. Sementara diet, makan protein tinggi sereal dengan serat ditambah mungkin pilihan terbaik bagi kesehatan secara keseluruhan.

 

DAMPAK NEGATIF SEREAL BERPROTEIN TINGGI

Diet protein tinggi secara berlebihan dapat meningkatkan resiko diabetes , jantung masalah, dan kanker. Dengan mengurangi karbohidrat, termasuk buah-buahan dan sayuran, tubuh dapat kehilangan antioksidan dan nutrisi yang dapat melawan penyakit.

 

Peningkatan protein yang berlebihan juga dapat membahayakan tubuh dengan cara lain. Ketika karbohidrat berkurang, lebih banyak daging dan makanan berlemak yang dikonsumsi . Hal ini akan meningkatkan jumlah kolesterol dan juga meningkatkan peluang untuk masalah jantung atau stroke  jumlah tinggi garam dapat dilihat pada makanan protein tinggi, menambah kerusakan. Magnesium dan kalium tingkat juga biasanya drop saat mengkonsumsi diet protein tinggi.

 

 

 

 

BAB III

KESIMPULAN

 

1.        Teknologi menjadi harapan jika dituruti suatu haluan yang terarah pada usaha meningkatkan mutu kehidupan manusia yakni usaha untuk mencukupi :

            Bahan pangan, pekerjaan bagi penduduk dunia

            Bahan mentah dan energi bagi penduduk dunia disertai usaha menekan pemborosan

            Usaha untuk memberikan tempat bermukim yang layak bagi manusia (memelihara kelestarian lingkungan)

 

2.        Sereal protein tinggi adalah sereal yang diperkaya dengan mikro dan asam amino.

3.        Protein merupakan komponen penting yang ditemukan di setiap sel tubuh. Kuku dan rambut terbuat dari tubuh itu dan menggunakannya untuk memperbaiki jaringan yang rusak.

4.       Protein tidak seperti lemak, tubuh tidak dapat menyimpan protein.

5.       Protein bisa berasal dari banyak jenis makanan. Kacang-kacangan, sayuran, daging, keju, dan susu semua mengandung protein. Beberapa makanan ini juga dapat mengandung jumlah lemak yang tinggi.

6.       Dampak positif dan negatif sereal berprotein tinggi

a.       Dampak positif

       Makan protein sangat penting bagi kesehatan manusia karena protein merupakan salah satu kunci manusia nutrisi , bersama dengan lemak dan karbohidrat.

       Menambahkan sereal protein tinggi untuk diet sehari-hari adalah cara yang baik untuk mendapatkan manfaat dari protein tanpa menambah terlalu banyak lemak tinggi atau gula.

 

 

b.      Dampak negatif

       Diet protein tinggi secara berlebihan dapat meningkatkan resiko diabetes , jantung masalah, dan kanker.

       Peningkatan protein yang berlebihan juga dapat membahayakan tubuh.

 

 

 

 

 


 

DAFTAR PUSTAKA

 

Soedarto Teguh dan Hamidah Hendrarini, Ilmi Alamiah dasar, UNESA University Press, Surabaya: 2002

http://www.wisegeek.com/what-are-high-protein-cereals.htm

Komentar
  1. strawberrymisire mengatakan:

    waktu bikin tugas ini, aq datang ke tempat kamu ya….🙂

  2. satriyabisniss mengatakan:

    NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://satriyabisniss.wordpress.com/

  3. dwiluky mengatakan:

    strawberrymisire : iaaa ehehehehehe……

    satriyabisniss : thankz iaa bwt info n khdiranx “__”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s